Bertemu dengan banyak saudara, teman lama, dan orangtua saat mudik adalah momen yang menyenangkan. Saat bersosialiasi itulah kita bisa tahu perkembangan anak-anak kita. Karena orang yang jarang bertemu akan melihat perbedaan yang signifikan dari masing-masing pribadi.

Saya agak heran ketika banyak yang bertanya, “Apakah Kennu nakal?”. Saya baru sadar bahwa saya tak pernah sekalipun memperkenalkan kata nakal di telinga Kennu. Lalu dengan lugas saya bilang: “Kennu tidak kenal kata nakal,”. Lho kok bisa?Ya bisa dong, saya memilih menggunakan kata-kata positif untuk mengarahkan Kennu. “Anak baik harusnya begini bukan begitu. Ayo lakukan ini daripada itu,” kira-kira begitu caranya.Saya mengandung 10 bulan dengan muntah dan mual sepanjang hamil, melahirkan dengan proses induksi yang kata dokter sakitnya 3 kali lipat dibanding persalinan normal tanpa induksi. Karena itu saya tidak ingin ada label negatif untuk anak saya.

Apalagi jika saya sendiri yang melabelinya, semoga tidak pernah terjadi.Saya juga membaca status teman saya yang mendoakan anaknya supaya tidak nakal. Hati saya tergetar membacanya. Saat sholat ied, Ayah Pelukis Malam bersebelahan dengan twman sekolahnya dulu. Anaknya tak mau diam, sementara Kennu anteng mendengarkan kutbah. Tapi biasanya juga kennu tak mau diam. Teman ayahnya bilang, “Aduh nakal banget sih, lihat nih anak om gak nakal, anteng, diem,” katanya.

Ealah, gak ada satu menit menyebut nakal sampai dua kali. Kennu mengantuk saat itu karenanya diam dan anteng. Biasanya, ya muter2 saat diajak sholat. Tapi kami tidak sekalipun mengatakannya nakal. Setiap anak butuh waktu berproses, kami harus bersabar mendampingi anak kami tanpa memperdengarkan kata negatif di telinganya.

Anthony Kennurut Gusti sudah terpejam saya dan ayah Pelukis Malam menciuminya. Berterimakasih atas kehadirannya sebagai anak kami, berterimakasih atas kesehatannya, berterimakasih atas tumbuh kembangnya, tentu saja berterimakasih pada Allah yang sudah menganugrahkan anak kami pada kami. Begitulah cara kami mendoakan. Usai mengecup keningnya, sesekali Kennu mengiggau bilang “Kennu sayang Bunda ya.”

Menanam padi kadang kala masih ditumbuhi rumput teki. Sementara rumput teki yang tak pernah ditanam tumbuh dengan sendirinya. Artinya, yang negatif itu gak perlu diajarain juga nanti tumbuh sendiri. Sebarkan energi positif yuk ke anak-anak kita.

